Kamar Mandi Aman untuk Wanita Hamil, Ini Tipsnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Meski merasa kuat, kondisi tubuh ibu hamil memang tidak sama dengan orrang yang tidak hamil. Tahu sendiri kan?! Wanita hamil cenderung sering ke kamar mandi untuk berkemih. Selain itu, badannya biasanya nambah berat.

Nah, agar kehamilan berjalan nyaman dan aman, coba lakukan perubahan kecil pada kamar mandi. Simak langkahnya berikut ini, sebagaimana ditulis oleh rumah.com

Pindahkan cairan pembersih ke luar kamar mandi

Sebisa mungkin jangan biarkan berbagai cairan pembersih seperti karbol, pembersih kamar mandi, pemutih, dan cairan pel berserakan di rumah, termasuk di sudut kamar mandi.

Jika tak tertutup rapat, bahan kimia tersebut menimbulkan aroma menyengat yang membuat ibu hamil mudah mual. Bahkan menghirup toksin dari cairan pembersih tersebut juga dapat berefek buruk bagi perkembangan janin.

Keluarkan saja semua bahan kimia dari kamar mandi dan simpanlah di dalam lemari tertutup.

Gunakan bahan alami

Untuk mencegah aroma menyengat, ganti pembersih kamar mandi dengan pembersih alami, misalnya dengan air perasan jeruk nipis. Tambahkan sedikit sabun pencuci piring dan gunakan untuk membersihkan lantai dan dinding kamar mandi.

Segera bilas lantai dan dinding dan tunggulah lantai hingga kering sebelum digunakan.

Gunakan lantai tambahan

Gunakan papan pijakan dari kayu untuk lantai kamar mandi atau gunakan pelapis lantai yang terbuat dari karet. Hal ini guna mencegah lantai yang terasa licin saat diinjak.

Tapi pelapis karet biasanya mudah lembap sehingga menimbulkan aroma tak sedap, bersihkan setiap 1-2 minggu setelah digunakan.

Jika tak ingin repot, ganti lantai kamar mandi dengan lantai rubber atau lantai karet yang nyaman dipijak, tak mudah tergores, dan jika terkoyak akan kembali seperti semula.

Kloset duduk lebih aman

Jangan biarkan ibu hamil menggunakan kloset jongkok karena membuatnya melakukan gerakan kontraksi. Sebaiknya gunakan kloset jongkok yang bagian dudukannya nyaman dan lebar.

Bila perlu tambahkan pegangan tangan di samping kloset untuk memudahkan ia berdiri. Jika nantinya tak digunakan lagi, pegangan kloset ini akan berguna sebagai tempat meletakkan handuk, kan?!

Gunakan shower dengan gagang

Shower dengan gagang dan pengatur ketinggian akan memudahkan ibu hamil saat ingin mengatur debit air serta mengarahkan posisi ke tubuhnya. Pasalnya, pasti ada bagian tubuh tertentu yang membutuhkan aliran air lebih banyak, misalnya beberapa area lipatan seperti lutut, serta punggung.

Tambahkan Handrail Stainless

Handrail atau pegangan tangan kebanyakan terbuat dari bahan alumunium dan besi stainless agar tahan terhadap air. Pasang handrail ini di seluruh dinding kamar mandi agar wanita hamil atau orangtua lansia Anda bisa berjalan dan berpegangan dengan nyaman. Handrail dipasang misalnya dari saat pintu masuk kamar mandi hingga menuju ke shower/bak mandi. Handrail stainless ini bisa dipesan secara khusus/custom sesuai kondisi ruang kamar mandi atau toilet anda. Mau bikin? silahkan hubungi saja solusiruma.com

Baca juga :

sumber rumah.com / Foto: http://quizoftheday.club/

Salah pilih vendor, bisa tidak sesuai ekspektasi, bisa juga salah bahan, bisa juga hasilnya jelek. Kalau sudah jelek, susah diperbaiki. Solusiruma.com siap membantu Anda… Klik saja WA 0813 8176 8179

Ada yang bertanya, “apakah aman bertransaksi dengan solusiruma”? Berkenaan dengan hal itu, kami pastikan AMAN & AMANAH!

Inilah ciri-ciri perusahaan online yang aman.

  1. Perusahaan sudah lama beroperasi. PT. Solusi Wiraniaga Indonesia pemilik merek solusiruma.com berdiri sejak 2004.  Website solusiruma.com sudah ada sejak 2017. PT. Solusi Wiraniaga Indonesia juga memiliki usaha developer yakni www.surgoland.com (sejak 2012, hampir 7 tahun) dan  www.halokos.com, perusahaan software aplikasi kost-kostan sejak 2017. Tidak ada cerita/komentar negatif atas perusahaan ini di internet.
  2. Rekening resmi  atas nama perusahaan (PT). Perhatikan rekening solusiruma, ada yang atas nama PT dan atas nama owner/direktur utamanya.
  3. Alamat dan nomor telepon terverifikasi. solusiruma.com ada alamat jelas, silahkan chek di google. Ada nomor telepon telkom  (021-791 884 10, bukan hanya HP).
  4.  Aktivitas pekerjaan ditampilkan di website. Silahkan chek di web solusiruma.com
  5. Pemilik/owner perusahaan, orang yang kredibel. Pemilik solusiruma.com, Safak Muhammad, mantan bankir bank BUMN, penulis beberapa buku best seller dan aktif di berbagai kegiatan sosial seperti www.YukBantu.com, HPN, dan ISMI (Ikatan Saudagar Muslim se Indonesia, ketumnya Ilham Habibie).
1
Salam,
Saya Abella,
Siap membantu Anda diskusi/order pagar, teralis, kandang burung dll...
Powered by