5 Barang Bekas yang Bisa Dimanfaatkan untuk Membuat Taman Vertikal Budget Minim

Beragam cara dilakukan orang untuk berkebun dan dalam beberapa tahun terakhir trend membuat taman vertikal (vertical garden) semakin menguat. Semakin terbatasnya lahan yang dimiliki orang membuat mereka mencari cara untuk bertanam secara vertikal. Kabar baiknya, membuat taman vertikal tidaklah sesulit yang dibayangkan dan tak membutuhkan kemampuan berkebun khusus.

Siapapun bisa membuat vertical garden, baik untuk keperluan dekorasi rumah ataupun murni untuk berkebun. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas, berkebun pun menjadi semakin ekonomis dan tak butuh budget besar. Nah buat Anda yang mau membuat taman vertikal tapi tak mau keluar uang banyak, kami sajikan beberapa solusinya. Simak yuk!

Botol bekas selai

Botol kaca bekas
Via: Pinterest

Botol kaca bekas selai atau jar masih bisa dimanfaatkan untuk planter alias pot mini. Kekurangannya, karena sulit melubangi botol kaca, maka Anda tak bisa membuat lubang drainase di bawah, jadi Anda tak boleh terlalu banyak menyiram tanamannya. Tapi kelebihannya, botol kaca lebih kuat, cantik, dan murah. Media tanam berupa tanah serta akar tanaman pun bisa terlihat dari luar.

Pipa paralon

Paralon
Via: Pinterest

Pipa PVC atau pipa paralon biasanya dijadikan saluran pembuangan air. Jika ada pipa paralon Anda yang rusak atau sedikit pecah, jangan buang, manfaatkan jadi tempat bercocok tanam saja. Jika pipanya masih utuh, Anda bisa merangkai sistem bertanam hidroponik. Buatlah beberapa lubang di atas paralon dan Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman seperti stroberi di dalamnya menggunakan media tanam air.

Botol bekas

Botol bekas
Via: Pinterest

Mendaur ulang barang bekas yang tidak bisa terurai seperti plastik adalah cara yang baik untuk memelihara lingkungan. Jadi manfaatkan barang-barang bekas Anda seperti botol bekas air minum dan jadikan bagian dari taman vertikal Anda. Penerapannya beragam, Anda bisa memasangnya dengan cara digantung secara horizontal/vertikal, disusun ke atas, atau dibenamkan ke dalam paralon.

Kaleng bekas

Kaleng bekas
Via: Pinterest

Di rumah Anda tentu ada banyak kaleng, bukan? Entah itu kaleng kue, kaleng minyak, atau kaleng bekas apa saja, Anda bisa menyulapnya menjadi tempat bertanam. Bila mau, Anda bisa mewarnainya ulang sesuka hati. Gantung kaleng-kaleng berbagai bentuk dan ukuran itu ke dinding Anda jadikan mereka sebagai wadah bertanam yang efisien.

Sepatu boot

Sepatu boot bekas
Via: Pinterest

Pernahkah Anda kepikiran untuk memanfaatkan sepatu boot bekas sebagai media tanam? Banyak orang yang sudah menggunakannya! Selain awet, pot dari sepatu boot bekas ini juga catchy dan kreatif. Agar tanaman semakin sehat, buatlah lubang drainase di bagian sol sepatunya. Menggantung sepatu boot bekas di area vertikal lebih mudah daripada menggantung jenis planter lainnya lho.

Kami sudah sering membahas beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membangun kebun vertikal. Singkatnya, tidak ada yang tidak bisa dimanfaatkan menjadi planter alias tempat bertanam. Taman vertikal tidak membutuhkan lahan banyak, tetapi kreativitas Andalah yang paling dibutuhkan.

Baca juga :

Jika budget Anda minim, maka manfaatkanlah barang-barang bekas di sekeliling Anda, seperti lima benda di atas. Budget minim bukan berarti taman akan menjadi apa adanya, sebaliknya, dengan kreativitas tinggi maka taman sederhana Anda bisa terlihat istimewa. Sudah bukan jamannya lagi orang mengeluarkan banyak uang untuk berkebun karena semuanya bisa dilakukan secara DIY (Do It Yourself) dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

Nah tunggu apa lagi? Segera buat taman vertikal minimalis di rumah Anda dengan mendaur ulang barang bekas Anda.

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com