Alasan Anda Butuh Taman Vertikal di Rumah Anda

Vertical garden alias taman vertikal adalah trend terbaru dalam hobi gardening. Apa sih vertical garden itu? Secara singkat, vertical garden adalah cara berkebun secara vertikal, bukan horizontal atau di tanah datar seperti biasanya. Artinya, Anda membutuhkan bidang vertikal seperti dinding atau pagar untuk membuatnya.

Taman vertikal adalah solusi untuk masyarakat urban yang semakin terbatas lahannya. Anda bisa menciptakan sebuah hunian yang asri dengan teknik berkebun yang unik ini. Untuk membahasnya lebih jauh, kami akan uraikan beberapa alasan kenapa Anda perlu membuat vertical garden di rumah.

Hemat tempat

Bumi semakin padat, jumlah manusia kian meningkat. Di kota-kota besar khususnya, penduduk semakin banyak dan rumah-rumah dibangun semakin rapat. Artinya semakin sedikit lahan kosong yang bisa dijadikan area terbuka hijau seperti taman. Orang pun memutar akal, bagaimana caranya bisa menghadirkan area taman yang sejuk di tempat yang sempit? Solusinya adalah vertical garden dan roof garden.

Untuk membuat taman vertikal, Anda butuh sebidang tembok atau pagar untuk menata pot-pot secara vertikal. Dengan cara ini, Anda tak perlu membuat taman di lahan horizontal yang memakan tempat dan tak semua orang memilikinya. Sebuah rak vertikal juga bisa Anda pakai lho!

Mempercantik rumah

Estetika selalu jadi salah satu alasan kenapa orang membuat taman, termasuk taman yang dibuat secara vertikal. Anda berbagai jenis tanaman rambat yang bisa Anda pilih untuk menutupi dinding. Pot-pot gantung aneka warna juga bisa Anda gunakan. Jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa berkreasi dengan kaleng-kaleng bekas seperti biasanya.

Jika ditata dengan baik, bukan tidak mungkin vertical garden Anda bisa jadi daya tarik utama di rumah Anda.

Perawatan mudah

Merawat taman vertikal sebenarnya sama saja dengan merawat taman horizontal. Sedikit perbedaannya hanya terletak pada cara menyiramnya. Tergantung dari jenis tanaman dan cara menanamnya, Anda bisa menyiram tanaman satu per satu di pot, tidak diguyur air seperti taman biasa. Jika Anda punya tanaman rambat, maka Anda perlu menyiramnya langsung di bagian tanah di potnya. Menyemprot sesekali juga perlu, terutama jika cuaca seringkali sangat terik.

Cocok tanam

Taman sayur vertikal
Via: Survivopedia

Cocok tanam di dinding? Kenapa tidak! Ada beberapa pilihan tanaman buah dan sayur yang bisa Anda tanam secara vertikal, misalnya strawberry. Anda perlu membuat satu rak panjang dan isi dengan beberapa pot. Berikan peneduh di bagian atas jika intensitas sinar matahari terlalu tinggi. Sayur mayur seperti sawi dan bayam juga bisa Anda tanam secara vertikal di pot-pot. Pada prinsipnya, semua jenis tanaman yang bisa ditanam di pot bisa Anda jadikan “penghuni” vertical garden Anda.

Membuat udara segar

Seperti semua taman hijau, taman vertikal juga bisa menghadirkan kesegaran dan keasrian di rumah Anda. Rumah Anda akan terasa adem, terutama bila dinding pagar yang mengarah langsung ke rumah “dihijaukan” dengan tanaman. Pantulan sinar matahari tidak akan terasa silau dan panas dan Anda juga bisa sekalian cuci mata dengan melihat tanaman hijau. Tanaman hijau menghasilkan banyak oksigen yang kita butuhkan, jadi banyak sekali manfaat membuat taman di rumah.

Nah, itulah beberapa manfaat taman vertikal yang bisa kami kupas untuk Anda. Kami akan membahas lebih banyak hal lagi mengenai taman vertikal, jadi baca terus ya artikel-artikel Solusiruma.

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com