Cara Bikin Taman Vertikal Cantik yang Serba DIY

Entah Anda memiliki sebuah pekarangan kecil atau Anda ingin mengisi area tertentu di rumah dengan tanaman hijau, maka taman vertikal alias vertical garden adalah solusi yang cerdas. Lebih keren lagi karena Anda tak perlu keluar uang banyak, melainkan bisa menciptanya dengan DIY (Do It Yourself) alias bikin sendiri.

Banyak sekali cara DIY untuk membuat taman, mulai dari memanfaatkan barang-barang bekas seperti kaleng dan botol untuk pot hingga membuat rak tanaman dari kayu, semua bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda dituntut sekreatif mungkin dalam konsep DIY ini. Nah kali ini kami akan membagikan beberapa cara DIY untuk membuat taman vertikal.

Menara botol plastik

Menara botol plastik
Via: Pinterest

Disebut menara karena botol-botol plastik dilubangi bagian bawahnya dan disusun tinggi untuk menjadi tempat menanam tanaman. Cara ini mampu menghadirkan area tumbuh tanaman herba dan sayuran dengan lebih baik. Ini benar-benar cara DIY yang simpel sekaligus ramah lingkungan karena Anda mendaur ulang sampah botol plastik,

Tangga kayu tanaman

Tangga tanaman
Via: Pinterest

Memanfaatkan kayu papan bekas, Anda bisa membuat tangga untuk tanaman. Tak perlu terlalu tinggi, cukup maksimal 1 meter saja. Di bagian ‘anak tangga’ pasanglah semacam container sebagai tempat hidup tanaman, seperti tanaman hias, herba, bebungaan, atau sukulen. Agar tak goyang dan jatuh berantakan, pakulah bagian ujung dari tangga ini ke dinding.

Ember gantung

Ember gantung
Via: Pinterest

Bukan cuma pot, kaleng, dan botol yang bisa digantung, ember berukuran sedang pun juga bisa digantung. Hanya saja Anda butuh kawat yang tebal untuk menahan beban dan sebuah frame yang kokoh. Untuk frame, Anda bisa membuatnya sendiri dari kayu atau manfaatkan pohon yang Anda miliki sebagai tempat mengikat kawat.

Menara piramida kayu

Piramida tanaman
Via: Pinterest

Yang ini membutuhkan sedikit skill perkayuan karena model piramida agak sulit dibuat. Kelebihannya, piramida bisa menampung banyak tanaman dari bawah sampai atas. Piramida sangat cocok untuk tanaman seperti sukulen, bunga, stroberi, atau tanaman gantung lainnya. Ini benar-benar akan membuat taman Anda terlihat sangat berbeda dengan yang lain.

Pallet planter

Pallet Planter
Via: Pinterest

Pallet planter adalah platform yang umum dipakai dalam vertical garden, biasanya dibuat dari bahan kayu. Agar semakin bagus, Anda bisa mengecat kayu itu dengan aneka warna dan gaya sesuai selera. Jika Anda enggan mengecat atau tidak bisa mengecat, maka Anda bisa memplitur kayu tersebut agar warnanya terlihat lebih alami.

Pipa PVC

Pipa PVC
Via: Pinterest

Pipa PVC murah dan banyak dijual di toko bangunan, Anda bisa memakai bagian ujungnya yang melengkung sebagai tempat tanaman. Jika mau, Anda bisa mewarnainya agar semakin cantik. Tempelkan ujung pipa PVC itu pada permukaan datar seperti kayu papan, gunakan lem yang kuat. Murah dan cantik ya!

Tralis kotak besar

Tralis Tanaman
Via: Pinterest

Tralis kayu bekas jendela besar bisa dipakai untuk tempat menggantung pot atau kaleng tanaman. Jika tidak ada, Anda bisa membuatnya sendiri. Buatah model kotak-kotak besar dan gantung planter di tengahnya. Tralis tersebut diletakkan miring di tembok, ujung kakinya dibenamkan ke tanah agar kokoh.

Beragam cara dipikirkan orang untuk membuat taman vertikal yang indah. Anda pun bisa melakukannya dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar Anda. Sedikit skill perkayuan akan sangat membantu, tapi yang lebih penting adalah kreativitas Anda. Yuk jangan biarkan sudut pekarangan kita kusam dan tek terawat, hadirkan sebuah taman vertikal untuk mempercantiknya.

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com