Compact House, Penerapan Hunian di Lahan Terbatas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Lahan yang semakin terbatas dan mahal sering kali menjadi kendala orang ketika ingin memiliki rumah impian. Meski dirasa sulit, namun Anda tetap bisa memiliki hunian indah dengan lahan terbatas. Salah satu konsep yang dapat digunakan adalah konsep Compact House. Lalu apakah itu Compat House? Dan Bagaimana menerapkannya ke dalam hunian dengan lahan terbatas?

Sumber: pinimg.com

Arsitek ternama Pheobe When dan Sihiwa Hung dari PeobeSayswow Architect adalah salah satu yang dapat menyiasati desain hunian di lahan terbatas dengan konsep compact house. Hal tersebut berhasil mereka wujudkan dengan pemikiran dasar bahwa kebutuhan utama penghuni rumah bukan dari style Maupun gaya hidupnya. Disini compact house memaksimalkan fungsi utama hunian yang menjadi aktifitas utama penghuni rumahnya. Selain itu Anda juga bisa membuat hunian compat house tetap indah.

Sumber: homedit.com

Dalam pembagian masing-masing ruangnya, desain compact house ini lebih menerapkan system open plan. Jadi ketika memasuku dalam hunian, tata ruang dalam lebih terbuka. Selain itu Anda juga dapat menerapkan sistem split level ke dalam ruang. Penggunaan split level ini dapat berfungsi untuk memaksimalkan ruang secara vertical. Anda bisa menerapkan sistem split level ini ke dalam beberapa lebel yang berbeda ketinggian.

Sumber: decoist.com

Dalam mendesain rumah compact house, sebaiknya Anda meminimalisir sekat-sekat masif yang memisahkan ke dua ruangannya karena sekat tersebut dapat mengurangi pasokan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Dengan meminimalisir sekat ke dalam ruangan tersebut, dapat memberikan ruangan yang fleksibel.

Selain itu Anda juga dapat memberikan lemari besar yang membentar secara vertical dengan tujuan untuk lebih menghemat ruangan ketika akan menyimpan berbagai barang. Lemari jenis birchwood akan cocok bila dipadukan dengan rumah dengan konsep compact house ini.

Sumber: visuall.net

Rumah dengan konsep compact house akan terasa sia-sia ketika Anda salah memilih furniture yang tepat. Maka dari itu Anda dapat menghindari nuansa ruang yang klastrofobik atau furniture yang dapat memakan banyak ruang yang tidak berfungsi maksimal.

Dengan berbagai tantangan mendesain ruamah di lahan terbatas ini semoga dapat memberikan inspirasi sehingga dapat memaksimalkan fungsi ruang di lahan terbatas. Selain menghemat, konsep compact house ini juga dapat membantu penghuni rumah untuk memiliki gaya hidup yang lebih efisien.

 

Baca juga:

Harga Railing Balkon Kaca Tempered Minimalis

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com