Tips Memilih Pintu Garasi yang Sesuai dengan Kebutuhan Rumah Anda

Fungsi utama pintu adalah sebagai jalur keluar masuk penghuni rumah dan juga berfungsi sebagai salah satu aspek keselamatan bangunan. Jenis pintu ada beragam salah satunya adalah pintu garasi. Selain sebagai jalur keluar masuk manusia dan kendaraan, pintu garasi juga salah satu bagaian yang menarik secara visual. Untuk itu, bermacam jenis pintu garasi perlu Anda ketahui jika ingin membangun rumah. Di pasaran sendiri kini tersedia bermacam bentuk, jenis, dan bahan dari pintu garasi seperti besi, teralis, hingga kayu. Jenis pintu garasi ini juga perlu Anda ketahui sebagai referensi dalam menyesuaikan pintu garasi dengan gaya desain bangunannya.

  1. Pintu Lipat / Folding Door
Sumber: thisoldhouse.com

Jenis pintu ini sangat cocok digunakan untuk rumah dengan desain minimalis dan memiliki ruangan yang sempit. Jenis pintu ini menggunakan sistem engsel untuk menghubungkan antar panel pintu. Sehingga ketika Anda memiliki suatu ruangan yang sempit, menggunakan pintu lipat ini akan membuat ruangan menjadi tampak lebih luas ketika dibuka.

  1. Pintu Ayun / Swinging Door
Sumber: thisoldhouse.com

Sebutan lain dari pintu ayun ini adalah pintu kupu-kupu. Jenis pintu ayun ini dapat dibuka dan titutup dengan cara didorong. Jenis pintu ini dapat digunakan untuk semua jenis gaya bangunan karena bentuknya yang cenderung sederhana. Namun untuk memilih jenis ini, Anda perlu ruangan yang lebih luas karena sebagian dari ruangan itu digunakan untuk tempat mengayunkan pintu pada saat pintu itu dibuka maupun ditutup. Untuk perawatan, jenis pintu ini cenderung lebih mudah dibandingkan dengan pintu engsel. Jika bangunan Anda ingin tampil elegan, maka desain pintu ayun cocok untuk digunakan.

  1. Pintu Geser / Slidding Door
Sumber: thisoldhouse.com

Jika Anda penyuka desain berbau Jepang, maka jenis pintu ini cocok untuk Anda gunakan. Jenis pintu geser ini dapat ditemui dihampir seluruh desain bangunan tradisional Jepang. Untuk Anda yang menyukai desain minimalis, jenis pintu geser cocok untuk Anda gunakan. Selain mudah dalam membuka maupun menutupnya, pintu geser juga memiliki kelebihan yaitu hemat tempat dan tidak perlu ruangan yang luas sebagai ruang membuka dan menutup pintu. Cara membuka maupun menutup pintu ini juga cenderung mudah, hanya dengan menggeser ke kanan dan ke kiri pintu.
Namun disamping kelebihannya, pintu geser ini juga memiliki kekurangan yaitu sering macet ketika pintu akan digeser. Selain itu, pada rel pintu kerap kali terganjal karea tertutup oleh debu dan kotoran. Sehingga perlu dilakukan pembersihan dan pengecekan berkala untuk jenis pintu ini.

  1. Pintu Rel
Sumber: jadhomes.com

Jenis pintu ini menggunakan rel bagian atas dan bawah sebagai jalur untuk membuka dan menutup pintu. Cara kerja pintu garasi dengan sistem rel ini sama seperti pintu pagar rumah kebanyakan, yaitu terdapat roda yang berfungsi untuk menggeser pintu menjadi terbuka atau tertutup. Jenis pintu garasi seperti ini jarang ditemui, karena pemasangan dan perawatan yang tergolong rumit.

  1. Pintu Gulung / Rolling Door
Sumber: encrypted-tbn0.gstatic.com

Pintu Gulung merupakan salah satu jenis pintu garasi yang paling banyak ditemui, terutama untuk bangunan toko.Cara penggunaan pintu ini cukup mudah, yaitu dengan menarik bukaan pintu sehingga akan otomatis naik ke atas. Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, jenis pintu gulung seperti ini sudah bisa menggunakan remote control sebagai sistem yang akan memerintahkan pintu untuk membuka dan menutup dengan sendirinya.

Baca juga Pemasangan Pintu Garasi Baja di Bekasi

March 12, 2019

0 responses on "Tips Memilih Pintu Garasi yang Sesuai dengan Kebutuhan Rumah Anda"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perusahaan platform arsitek, kontraktor, desain interior, bengkel las, jasa pembuatan pintu besi, kanopi, pagar dan teralis, tiang bendera stenlis, kandang burung, kitchen set, dan keperluan rumah lainnya. Perusahaan ini pengembangan dari ArsitekPro yang kemudian diubah nama brand nya menjadi solusiruma.com

Alamat Kantor Pusat

Jl. Raya Ps. Minggu KM 18 Kav. 1B Ruko 1C
Kalibata, Jakarta Selatan 12740

Telepon : 021-791 884 10

WA Bella : 0813 8176 8179 (Jam 08.30-17.00 WIB)

WA : 087 88 6846 700 (Jam 19.00 – 21.00 WIB)

top