Ide-ide Kreatif yang Bisa Diaplikasikan pada Taman Vertikal

Meskipun sudah dikenal orang sejak beberapa tahun silam, taman vertikal atau vertical garden menghadirkan perubahan permanen pada cara berkebun orang. Membuat taman vertikal adalah pilihan yang masuk akal bagi mereka yang terbatas lahannya, seperti penghuni rumah susun atau apartemen. Namun tak cuma itu saja, pemilik rumah yang luas juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari taman vertikal.

Bagi Anda yang ingin membuat taman vertikal, ide-ide kreatif ini bisa Anda aplikasikan. Mudah dan anti ribet kok!

Memakai teralis

Teralis untuk taman
Via: Bonnie Plants

Menggunakan rangka kayu persegi panjang dengan kawat ram di tengahnya, Anda bisa memasang berbagai tanaman hias rambat penghias rumah, termasuk tanaman pangan seperti sayur dan buah. Tak hanya mudah dirawat dan dipanen, teralis semacam ini juga memberikan area penanaman yang cukup luas. Labu kecil, mentimun, kacang polong, atau kacang hijau bisa ditanam secara merambat di sini.

Konsep industrial

Taman industrial
Via: Pinterest

Mungkin Anda pernah melihat orang menanam tanaman hias di talang hujan, cor-coran, atau palet kayu. Ini adalah media tanam yang kreatif dan tak lazim untuk menggantikan pot biasa. Cara ini dikenal sebagai cara berkebun industrial yang menggunakan benda-benda setengah jadi atau benda tak lazim lainnya sebagai media tanam.

Menggunakan rak bekas

Rak Sepatu tanaman
Via Bonnie Plants

Punya rak sepatu bekas yang tak terpakai? Sulap saja menjadi rak tanaman. Anda bisa menempelkannya di dinding dan mengisinya dengan beberapa tanaman. Agar tanaman tak kekeringan, tambahkan lapisan plastik yang sudah dilubangi di bagian bawahnya.

Menanam tanaman secara terbalik

Pot terbalik
Via moyamechta

Memanfaatkan ember atau tong bekas, Anda bisa menanam tanaman secara terbalik lho. Tak semua tanaman bisa ditanam seperti ini, biasanya orang memilih tomat karena mampu tumbuh secara terbalik. Buatlah lubang di dasar tong dan isi bagian atas tong dengan tanah secukupnya. lalu isi dengan tanaman dan gantung tong di tempat yang terkena sinar matahari.

Frame penggantung botol bekas

Botol bekas untuk taman
Via: Off Grid World

Anda pasti pernah melihat orang menanam tanaman di botol bekas yang sudah dilubangi tengahnya. Biasanya mereka menempelkan botol-botol berisi tanah dan tanaman itu di dinding. Bila Anda tak punya dinding yang memadai, gantung saja botol-botol tanam tersebut di sebuah frame kayu atau balok rangka rumah Anda.

Susun pot tinggi dengan kayu

Taman vertikal dinding
Via: Redstudio

Menerapkan cara ini sangat mudah, Anda perlu mencari tongkat kayu atau balok kayu kecil berbagai panjang dan paku itu semua di dinding. Agar terlihat semarak, pakulah beberapa tongkat kayu secara berjajar dengan ketinggian bervariasi. Kemudian gantungkan pot-pot kecil di sepanjang kayu itu secukupnya. Maka taman vertikal kreatif Anda pun tercipta!

Membeli pohon pot

Pohon pot
Via Pinterest

Pohon pot semacam ini banyak dijual secara online. Anda sebenarnya juga bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan dahan pohon yang punya banyak ranting. Di pohon pot ini ada beberapa lubang di ranting untuk menggantung pot-pot kecil. Selain hemat tempat, pohon pot ini juga menambah kesan artistik tersendiri.

Banyak sekali ya cara berkebun vertikal di rumah. Anda memang dituntut harus lebih kreatif ketika memutuskan untuk membuat taman vertikal. Tinggalkan cara berkebun lama, kini saatnya beralih ke taman vertikal yang lebih menarik dan menantang. Gali terus ide-ide berkebun Anda dan kami akan berusaha membantu Anda menciptakan taman vertikal yang indah.

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com