Manfaat Rumah dengan Konsep Arsitektur Hijau

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Saat ini pemanasan global menjadi salah satu isu yang merabak di seluruh dunia. Oleh karena itu, kini banyak orang yang mulai berinovasi memanfaatkan berbagai material yang ramah lingkungan, salah satunya adalah dalam ranah arsitektur. Dalam mengaplikasikan arsitektur hijau, penggunaan sumber daya alam bisa digunakan. Lalu Apa saja ya manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan Arsitektur Hijau?

Dapat Menghemat Penggunaan Energi

Sumber: inhabitat.com

Dengan menerapkan Arsitektur Hijau, maka penggunaan energi dapat lebih efisien. Arsitektur hijau ini bertujuan agar bangunan dan lingkungan dapat saling beradaptasi. Salah satu yang dapat diterapkan adalah mengoptimalkan denah bangunan secara efisien. Misalnya dalam mendesain ruangan yang dapat memaksimalkan udara alami sehingga perlahan akan mengurangi penggunaan AC. Selain penghawaan, penerapan konsep ini juga dapat memaksimalkan penggunaan cahaya alami sehingga dapat mengurangi penggunaan pencahayaan buatan. Pemilihan warna cat serta penempatan bukaan jendela yang tepat dapat menghemat penggunaan energi mencapai 42 persen. Lumayan bukan?

Dapat Meminimalisir Penggunaan Material Baru

Sumber: amazonaws.com

Penerapan konsep arsitektur hijau ini lebih pada penggunaan material-material yang sudah tersedia. Sehingga dengan adanya penerapan tersebut maka dapat mengurangi pembuangan limbah yang sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali.

Mengikuti Kondisi Lahan Eksisting

Sumber: digitized.house

Penggunaan konsep arsitektur hijau ini salah satunya juga menerapkan kondisi eksisting lahan sehingga dapat lebih meminimalisir kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari pembangunan rumah tersebut. Perencanaan konsep arsitektur hijau ini memanfaatkan bentuk-bentuk lahan yang sudah ada. Jika lahan tersebut terbatas, maka Anda dapat merancang bangunan tersebut secara vertikal.

Arsitektur Hijau dapat Mengurangi Pemborosan Air serta Limbah Lainnya

Sumber: cari-kos.com

Tidak hanya pemanfaatan material saja, penerapan konsep arsitektur hijau ini juga dapat mengurangi limbah air yang digunakan oleh penghuni rumah. Menurut penelitian, pemanfaatan air dengan menerapkan konsep arsitektur hijau dapat lebih menghemat 34 persen daripada hunian dengan konsep biasa.

Dapat Meningkatkan Gaya Hidup si Pemilik Hunian

Sumber: newatlas.com

Berkat penggunaan material yang ramah lingkungan ini, maka dampak negatif yang ditimbulkan terhadap lingkungan sekitar juga akan semakin berkurang. Tidak hanya itu, penerapan konsep ini juga akan mengubah gaya hidup penghuni rumah menjadi semakin baik lagi.

Bagaimana, tertarik untuk menerapkan konsep Arsitektur Hijau ke dalam bangunan rumah tinggal?

 

Baca Juga:

Jasa Pasang Kain Pembatas Masjid, Tiang Stainless Steel

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com