Apa Sih Bedanya Interior Desaigner dengan Interior Decorator?

Bagi sebagian orang yang belum mengenal dunia Arsitektur pasti mengira bahwa interior desainer atau interior decorator itu memiliki pekerjaan yang sama yaitu sama-sama mendesain bangunan di dalam ruangan. Namun ternyata kedua pekerjaan tersebut sangat berbeda, baik dari segi terminologi maupun dari kegiatan yang mereka lakukan. Supaya Anda tidak lagi kebingungan antara interior desainer atau interior decorator, berikut terdapat penjelasan untuk lebih lengkapnya.

 

1. Interior Desainer

Hasil gambar untuk interior designer
Dalam dunia Arsitektur, salah satu hal yang sangat diperhatikan adalah mengenai kenyamanan dan keberhasilan dalam membangun suasana di dalam ruangan. Dalam kasus mendesain di dalam ruangan yang indah dengan detail-detail khusus yang penuh inovasi, biasanya tidak hanya Arsitek saja yang merancangnya. Mereka biasanya akan membawa perancang yang lebih ahli, yaitu Interior Desainer. Tugas Interior Desainer sendiri akan lebih fokus kedalam satu ruangan saja yang nantinya akan merancang desain ruangan yang indah, aman, efisien, dan tentunya dapat berfungsi secara maksimal. Biasanya Interior designer ini berasal dari lulusan interior, dimana memang sudah terbiasa menghadapi desain-desain dalam ruang mulai dari konsep hingga penerapannya.
Untuk lebih jelasnya, tugas Interior Desainer ini meliputi bagaimana pencahayaan dalam ruangan itu bisa inovatif dan nyaman dipandang, bagaimana konsep yang ia berikan berkaitan dengan sejarah-sejarah maupun teori mengenai Interior Desainnya, bagaimana sentuhan teknologi yang ia berikan di dalam ruangan itu, bagaimana bahan, jenis, sifat, serta warna dari bahan yang akan diberikan didalam ruangan itu, bagaimana rancangan desain interior dengan ketahanan dan kekuatan terhadap keselamatan bangunannya, bagaimana manajemen proyeknya, hingga bagaimana standar-standar pembangunan serta pengkodean yang ada di masing-masing negara.
Selain berhubungan baik dengan Arsitek perancang bangunan, Interior Desainer ini juga berhubungan langsung dengan para pedagang material bangunan, baik yang eceran hingga grosir. Sehingga baik ide maupun biaya dapat efisien jika menggunakan interior designer dalam merancang interior rumah.

 

2. Interior Decorator

Gambar terkait
Tugas yang dikerjakan oleh interior decorator ini mirip dengan pekerjaan interior designer, namun tetap ada perbedaannya. Bedanya, Interor Decorator ini hanya menangani elemen Arsitektur yang sudah terpasang di dalam interior bangunan tersebut. Jadi para Interior Decorator ini pekerjaannya tidak sampai merombak dinding, proses instalasi, maupun merancang bagaimana keamanan dan utilitas di dalam bangunan tersebut. Mereka nantinya akan lebih fokus dalam mendesain elemen-elemen Arsitektur yang sudah ada di dalam bangunan itu. Biasanya orang yang menjadi Interior Decorator ini berasal dari lulusan Diploma dan orang yang ahli dalam menangani estetika-estetika di dalam ruangan.

 

Setelah mengetahui perbedaan antara interior designer dan interior decorator, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menemukan yang sesuai dengan keinginan klien. Beberapa tipsnya adalah dengan mencari orang yang memang sudah berpengalaman dibidangnya. Cari seberapa banyak reputasi yang telah mereka raih selama proses mendesain. Selain itu, kecocokan antara klien dengan desainer juga tak kalah pentingnya. Dengan memiliki chemistry yang kuat diantara keduanya maka mereka dengan mudah akan saling bertukar ide tanpa harus sungkan.

0 responses on "Apa Sih Bedanya Interior Desaigner dengan Interior Decorator?"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perusahaan platform arsitek, kontraktor, desain interior, bengkel las, jasa pembuatan pintu besi, kanopi, pagar dan teralis, tiang bendera stenlis, kandang burung, kitchen set, dan keperluan rumah lainnya. Perusahaan ini pengembangan dari ArsitekPro yang kemudian diubah nama brand nya menjadi solusiruma.com

Alamat Kantor Pusat

Jl. Raya Ps. Minggu KM 18 Kav. 1B Ruko 1C
Kalibata, Jakarta Selatan 12740

Telepon : 021-791 884 10

WA Bella : 0812 820 14561 (Jam 08.30-17.00 WIB)

WA : 087 88 6846 700 (Jam 16.00 – 21.00 WIB)

top