Meski Mirip, Gaya Rumah Minimalis dan Scandinavian Bisa Dibedakan dengan Ini Loh

Dalam membangun rumah, orang-orang kini sudah bisa mencari sumber inspirasi di banyak tempat, salah satunya media sosial. Tak hanya itu saja, dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini juga bisa membantu orang-orang untuk selalu bisa update tentang gaya-gaya desain yang sedang tren pada masanya. Untuk saat ini, gaya minimalis dan gaya scandinavian menjadi salah satu contoh gaya desain yang mulai dilirik oleh masyarakat. Gaya tersebut sama-sama memiliki tema more is less.
Dari kedua gaya desain tersebut, masih terdapat beberapa orang yang merasa bingung membedakan antara gaya desain minimalis dengan gaya desain scandinavian. Oleh dari itu, berikut ini terdapat beberapa scandinavian.

 

1. Material yang Digunakan

Gaya Scandinavian

Dari sisi penggunaan material yang digunakan, Rumah yang menggunakan gaya desain minimalis menggunakan material bebas dan beraneka ragam. Dengan begitu meski minimalis material yang digunakan tidak selalu monoton.
Berbeda dengan gaya desain scandinavian. Gaya tersebut berasal dari negara-negara Nordik diantaranya Denmark, Swedia, Islandia, Finlandia, dan Norwegia yang mengusung penggunaan material-material kaca dan kayu. Jadi penggunaan material dari gaya scandinavian ini lebih terbatas dari penggunaan material gay minimalis.

 

2. Dari Penggunaan Bentuk Desain

Gaya Minimalis

Meski keduanya sama-sama mengusung konsep more is less atau kesederhanaan, namun bentuk desain dari keduanya tetap bisa dibedakan. Dalam hal dekorasi ruangan, gaya scandinavian memiliki bentuk yang lebih fungsional dan memiliki nilai estetika yang lebih tinggi dibandingkan dengan gaya minimalis. Dengan begitu, bentuk rumah yang memiliki gaya desain scandinavian akan lebih efisien dan lebih estetis meskipun mengusung kesederhanaan desain.

 

3. Warna Cat Keduanyapun Berbeda Aturan

Gaya Scandinavian

Dengan mengusung konsep more is less, keduanya sama-sama memiliki cat yang cenderung tidak berlebihan. Perbedaan yang sangat terasa disini yaitu gaya desain minimalis meskipun penggunaan warna cat tidak berlebihan, bukan berarti hanya menggunakan warna putih dan hitam saja. Tidak ada aturan khusus yang mengharuskan penggunaan warna cat hitam dan putih dalam gaya minimalis ini. Berbeda dengan pemilihan cat yang digunakan oleh gaya scandinavian. Gaya ini memiliki aturan dengan menggunakan warna cat netral yaitu hitam dan putih. Dengan begitu dengan menggunakan aturan pewarnaan cat hitam dan putih, nantinya akan menghasilkan desain yang memiliki kesan yang lembut dan kalem.

 

4. Perbedaan Kedua Gaya Dilihat dari Tingkat Kesederhanaannya

Gaya Minimalis

Gaya desain rumah minimalis dengan scandinavian yang sama-sama memiliki gaya yang sederhana ternyata memiliki tingkatan level yang berbeda. Menurut tingkatan kesederhanaan desain, gaya scandinavian memiliki tingkat kesederhanaan yang lebih besar daripada gaya minimalis. Gayya scandinavian akan menyingkirkan beberapa aksen atau elemen dekorasi bangunan yang dianggap tidak terlalu penting. Sedangkan gaya minimalis justru ada yang tetap dipertahankan asalkan masih termasuk dalam kategori gaya desain tersebut.

 

5. Inspirasi Desain antara Kedua Gaya yang Berbeda

Hasil gambar untuk minimalist design

Gaya Minimalis

Dilihat dari segi inspirasi desainnya, gaya scandinavian akan mengerucut kedalam inspirasi-inspirasi alam dalam aplikasi desainnya. Beneda dengan gaya minimalis yang justru bebas dalam menentukan sumber inspirasi dalam pengaplikasian desainnya. Sehingga gaya scandinavian akan memiliki unsur-unsur alam yang sederhana, sedangkan minimalis akan lebih kontemporer dan furutistik.

0 responses on "Meski Mirip, Gaya Rumah Minimalis dan Scandinavian Bisa Dibedakan dengan Ini Loh"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perusahaan platform arsitek, kontraktor, desain interior, bengkel las, jasa pembuatan pintu besi, kanopi, pagar dan teralis, tiang bendera stenlis, kandang burung, kitchen set, dan keperluan rumah lainnya. Perusahaan ini pengembangan dari ArsitekPro yang kemudian diubah nama brand nya menjadi solusiruma.com

Alamat Kantor Pusat

Jl. Raya Ps. Minggu KM 18 Kav. 1B Ruko 1C
Kalibata, Jakarta Selatan 12740

Telepon : 021-791 884 10

WA Bella : 0812 820 14561 (Jam 08.30-17.00 WIB)

WA : 087 88 6846 700 (Jam 16.00 – 21.00 WIB)

top