Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Arsitek merupakan salah satu profesi yang berjasa dalam dunia bangunan. Dalam merancang suatu bangunan, Arsitektur tidak bisa berdiri sendiri. Agar menjadi satu kesatuan bangunan yang estetis serta tetap memperhatikan fungsi, kemaanan dan kenyamanan yang maksilmal, Ilmu ini membutuhkan dari ilmu-ilmu lain seperti seni maupun teknologi dalam perancangannya. Oleh karena itulah seorang arsitek sebisa mungkin bisa mempelajari banyak keahlian dengan inovasi-inovasi baru dan ketekunan dalam menghadapi setiap detail perancangannya.

Serupa dengan profesi dokter, profesi arsitekpun ada beragam jenisnya. Ada beberapa arsitek yang memiliki keahlian yang jarang dimiliki oleh arsitek lainnya. Seperti penjelasan dibawah ini, terdapat beberapa jenis arsitek dengan keahlian yang berbeda satu dengan lainnya.

1.Arsitek di Bidang Industri

Sumber: archdaily.com

Arsitek yang ahli dalam bidang ini lebih fokus kepada bangunan-bangunan industri diantaranya pabrik, gudang, laboratorium, bandara, dan bangunan industri lainnya. Dalam jenis ini, seorang arsitek akan lebih banyak mempelajari struktur-struktur bangunan bila dibandingkan dengan arsitek yang mempelajari bidang lain karena perlunya keamanan penghuni bangunan industri yang memiliki luasan bangunan yang cukup besar dalam satu fungsi kegiatan.
Selain itu arsitek yang ahli dalam bidang ini harus mengetahun proses industri dari bangunan yang akan dirancang. Sehingga bangunan industri yang dirancang nantinya dapat berfungsi secara optimal.

 

2.Arsitek Khusus Mendesain Hunian

Hasil gambar untuk home design

Sumber: veeduonline.in

Arsitek yang khusus mendesain hunian akan fokus terhadap rancangan desain rumah tinggal, apartemen, condotel, dan hunian lainnya. Dalam bidang ini, permintaan dari klien sangat tinggi. Maka dari itu arsitek yang menangani hunian dituntut untuk inovatif dalam banyak hal, mulai dari struktur, estetika, hingga interior bangunan sehingga sesuai dengan keinginan klien yang meginginkan bangunan yang unik dan indah.

 

3.Arsitek Khusus Bangunan Komersial

Hasil gambar untuk commercial architect

Sumber: pinterest.com

Arsitek yang menangani bidang ini akan mendesain bangunan yang berhubungan dengan komersial seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit, dan bangunan komersial lainnya. Karena skala bangunan yang dirancang tergolong besar, perancangan bangunan komersial ini kadang membutuhkan beberapa arsitek. Dalam perancangannya, arsitek biasanya akan dibantu dengan pihak kontraktor bangunan untuk saling berdiskusi dan menghasilkan rancangan bangunan yang optimal dari segi desain, struktur, mekanikal, maupun elektrikalnya. Selain itu, dalam merancang bangunan komersial juga membutuhkan pengetahuan mengenai syarat-syarat bangunan komersial, keselamatan bangunan gedung, serta analisa biaya yang dikeluarkan dengan waktu pengerjaan bangunan hingga selesai.

 

4.Arsitek di Bidang Lansekap

Gambar terkait

Sumber: tripadvisor.com

Arsitek Lansekap merupakan arsitek yang khusus merancang desain di luar bangunan, misalnya taman, kebun, dan area open space lainnya. Pekerjaan arsitek lansekap ini harus memiliki pengetahuan luas tentang tumbuhan serta material yang sesuai dengan iklim daerah yang akan serta dirancang. Selain itu sang arsitek juga harus bisa menguasai bagaimana rancangan luar bangunan memiliki estetika yang baik namun tetap nyaman dan berfungsi secara optimal.

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com