Jenis-jenis Penyangga Tanaman untuk Taman Vertikal

Masalah yang kerap dihadapi orang ketika hendak membuat taman adalah soal keterbatasan lahan. Bukan rahasia lagi bahwa rumah-rumah di jaman sekarang, terutama di perkotaan, kekurangan lahan kosong karena semakin mahalnya harga tanah dan semakin padatnya jumlah penduduk. Padahal, keberadaan area hijau di rumah mutlak dibutuhkan untuk menciptakan suasana asri.

Karena itulah kini marak dilakukan teknik berkebun secara vertikal yang dinamakan sebagai vertical garden atau taman vertikal. Cara berkebun vertikal ini tidak hanya bisa diterapkan pada rumah tapak, tapi juga di rumah-rumah apartemen dan bahkan perkantoran karena tak butuh banyak lahan. Sesempit apapun lahan yang dimiliki, Anda tetap bisa membuat taman secara vertikal dengan banyak tanaman. Menarik sekali bukan?

Membuat taman vertikal di halaman sempit samasekali bukan kendala. Yang paling simpel adalah menggunakan pot dinding vertikal yang banyak dijual di toko pertanian atau toko online. Biasanya, pot dinding vertikal dengan ukuran 64 x 26 x 0,2 cm dibandrol dengan harga sekitar 125 ribu saja. Sangat murah meriah. Dengan pot ini, Anda bisa menanam beberapa tanaman hias untuk menutupi area dinding agar lebih cantik.

Kekurangan pot dinding vertikal adalah soal keterbatasan tanaman yang bisa Anda tanam. Tapi jangan keburu khawatir, Anda bisa mengeksplorasi berbagai ide untuk menghijaukan halaman rumah Anda. Ada banyak pilihan lain penyangga tanaman untuk membuat taman vertikal. Dan semua ini bisa Anda buat sendiri di rumah!

Teralis kayu

Ide taman vertikal
Via: bukalapak

Teralis kayu ada bermacam bentuknya dan semuanya bisa dijadikan tempat menyangga tanaman hias, khususnya tanaman rambat. Model tradisionalnya adalah segiempat dengan persilangan di bagian atas dan samping. Namun kini ada lebih banyak model anyaman yang catchy, seperti contoh pada gambar di atas. Selain bisa jadi penyangga tanaman, teralis kayu juga bisa menghadirkan keindahan tersendiri untuk dinding rumah.

Tiang besi/aluminium

Logam seperti besi atau aluminium juga bisa jadi pilihan menarik karena kuat, tahan lama, dan mudah dibentuk. Anda bisa memakai jasa tukang las untuk membuatnya. Modelnya juga beragam, semuanya tergantung selera.

Rak tanaman

Rak untuk taman vertikal
Via: Shopee

Rak tanaman adalah pilihan klasik, tapi masih tetap disukai karena murah, praktis, dan tetap cantik. Anda bisa memilih rak dari kayu atau besi berwarna sebagaimana yang sedang ngetren saat ini. Anda bisa memilih rak tanaman model tangga bila lahan Anda cukup. Bila tidak, pilihlah yang model susun biasa karena lebih hemat tempat.

Pohon

Ada pohon di halaman rumah? Jadikan taman saja! Ya, manfaatkan pohon menjadi tempat menyangga tanaman-tanaman Anda. Pilihlah tanaman rambat yang kuat untuk dilingkarkan ke batang pohon. Pohon tersebut harus cukup tinggi, setidaknya dua meteran, dan punya banyak cabang agar Anda bisa melingkarkan banyak tanaman.

Dinding

Terakhir adalah dinding. Ini adalah pilihan yang paling murah. Jika ada dinding kosong di halaman rumah, sulap saja jadi taman vertikal. Banyak cara untuk melakukannya. Anda bisa memasang rak panjang di dinding untuk menaruh pot-pot atau cukup membuat paku sebagai gantungan pot. Pertimbangkan jumlah tanaman dan sesuaikan dengan luas dinding.

Nah, tak sulit kan membuat taman vertikal di lahan sempit selama Anda tahu bagaimana cara membuat penyangga tanaman yang benar? Silakan Anda pilih penyangga mana yang paling Anda sukai dan teruslah bersemangat menghias rumah Anda dengan bebungaan dan tanaman yang segar.

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com