Material Pengganti Kaca ini Hemat untuk Hunian

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Material kaca adalah salah satu material penting yang dipakai dalam bangunan terutama rumah tinggal. Material kaca ini dapat difungsikan sebagai bukaan sehingga pencahayaan alami dapat masuk ke dalam bangunan. Saat ini ada beragam jenis material transparan yang dapat difungsikan juga mirip dengan material kaca. Yang akan kami bahas kali ini adalah material Polycarbonate. Berbeda dengan bahan kaca, bahan polycarbonate ini seperti plastik. Berbeda dari bahan plastik biasa, polycarbonate ini dapat memenuhi kualitas desain yang baik. Bahan ini dipatenkan oleh Bayer pada tahun 1953 dan menjadi populer menyaingi material serupa lain yaitu kaca.

Sumber: pinterest.com

Polycarbonate salah satu material yang banyak digunakan karena harganya yang terjangkau. Selain itu karena memiliki sifat yang kuat, material ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Keuntungan dari pemakaian polycarbonate ini salah satunya adalah hemat biaya. Selain itu, material ini dapat memedarkan cahaya sehingga dapat digunakan sebagai bukaan untuk penerangan alami dindalam rumah. Karena sifatnya yang memendarkan cahaya matahari, material polycarbonate  ini dapat juga digunakan sebagai pelingung sinar ultraviolet yang dapat mengenai kulit.

Sumber: womanofstyleandsubstance.com

Bila dibandingkan dengan material kaca, material polycarbonate ini bisa 200 kali lebih kuat dari material kaca dan 30 kali lebih kuat dari material acrylic. Meski kuat, material polycarbonate ini ternyata memiliki beban yang lebih ringan, yaitu dapat 10 hingga 20 kali lebih ringan bila dibandingkan dengan material kaca.  Jika bangunan ingin menerapkan grrenship building, maka polycarbonate ini dapat diaplikasikan ke dalam bangunan karena dapat didaur ulang dengan mudah. Selain itu jika pemilik rumah senang dengan aktifitas yang melibatkan musik dan kebisingan, maka polycarbonate ini juga dapat jadi salah satu alternatif sebagai pereda kebisingan.

Sumber: pinterest.com

Namun disamping kelebihan, material polycarbonate ini juga memiliki beberapa kekurangan. Jika tidak dirawat dengan baik, material ini semakin lama dapat berubah warna seiring dengan waktu. Untuk mengantisipasinya, dapat dilapisi dengan bahan pelapis. Namun bahan pelapis ini memiliki harga yang cukup mahal. Selain itu, umur rata-rata dari material ini hanya bertahan selama 10 tahun.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba material polycarbonate ini? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai material bangunan.

 

Baca juga:

Kedubes Swiss Percayakan Penggantian Kaca Tempered Taman Lantai 2 Pada Solusiruma

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com