Pentingnya Pemilihan Warna Agar Hunian Semakin Berkesan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Disamping penghawaan, kebisingan, dan pencahayaan yang nyaman, salah satu aspek penting dalam merancanga bangunan adalah pemilihan campuran warna yang tepat. Pemilihan warna yang tepat dapat mempengaruhi sensasi di sertiap konsep bangunan yang dipilih.

Disamping mempengaruhi aspek keindahannya, warna juga dapat memperngaruhi psikologi dari perilaku pemilik rumah. Bagi pemilik rumah, warna juga dapat menjadi simbol tersendiri. Ketika dalam memilih warna, untuk menghasilkan konsep yang kuat ini tidak hanya bergantung pada pencahayan dan lingkungan saja. Persepsi masyarakat juga dapat mempengaruhi identitas bangunan terhadp warna.

Sumber: archdaily

Seperti yang telah dilakukan oleh seorang arsitek Jerman bernama Johann Wolfgang Von Goethe dalam Archdaily mengenai teori warna. Ia menjelaskan bahwa identifikasi tone warna ini bersifat subjektif namun dapat menghasilkan efek yang universal. Misalnya saja dalam pemilihan warna hangat seperti merah, kuning, serta orange yang dapat memberikan perasaan yang lebih dinamis. Sedangkan pemilihan warna dingin seperti hijau, ungu, dan biru dapat memberikan efek yang lembut dan menenangkan di dalam ruangan. Maka dari itulah pemilihan campuran warna yang tepat ke dalam ruangan dapat memberikan persepsi tersendiri bagi orang yang menempatinya.
Sedangkan dalam dunia Arsitektur pemilihan warna dalam ruangan tidak terbatas. Anda bisa mengaplikasikan warna-warna kontras baik percampuran warna antar dinding, warna dinding dengan perabot ruangan, atau percampuran jenis warna yang berbeda seperti warna pastel dengan warna neon, atau percampuran warna akromatisme.

Dalam berbagai kasus, warna ini sebagai alat yang paling dasar dalam menambah estetika suatu ruangan. Berikut ini beberapa inspirasi yang dapat Anda jadikan referensi desain.

Riviera Cabin / llabb

Sumber: archdaily

Jika Anda menginginkan nuansa ruang bewarna soft, Anda dapat menggunakan perpaduan warna biru, putih, dan coklat kayu ke dalam ruangan. Material kayu ini dapat juga Anda aplikasikan ke dalam lantai untuk memberian kesan hangat ke dalam ruangan.

Images d’Orient / Rabih Geha Architects

Sumber: archdaily

Jangan ragu untuk memberikan ruangan dengan perpaduan warna yang kontras. Disini Anda dapat memberikan campuran warna soft pada dinding dan lantai, sedangkan pada langit-langit serta furniture dapat menggunakan warna yang kontras. Seperti contoh desain di atas dapat yang menggunakan perpaduan warna biru muda dengan merah cerah.

Baca juga:

Cara Pasang Partisi Kaca Kamar Mandi, Ini yang Benar

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com