Tips Kamar Mandi Aman Untuk Orang Tua, Salah Satunya Pasang Handrail Stainless

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Menurut sampel data dari Centre for Disease and Preventation di Amerika Serikat pada tahun 2008, tingkat cedera di kamar mandi (khususnya toilet) meningkat sesuai bertambahnya umur.

Di mana dari 100.000 kecelakaan 266,6 terjadi pada usia ≥ 85 tahun. Menyikapi hal ini tentunya kita harus memerhatikan desain kamar mandi untuk para manula (manusia lanjut usia). Khususnya bagi Anda yang memiliki orang tua, ini adalah salah satu bentuk ladang amal berbakti kepada orang tua dengan membuat kamar mandi yang aman bagi mereka.

Desain kamar mandi harusnya menjawab kebutuhan penggunanya. Pada manula atau lansia secara alami mengalami kesulitan dalam menggunakan perangkat kamar mandi dikarenakan penurunan dalam sensorik dan motorik.

Inilah 7 tips kamar mandi aman untuk lansia:

1. Perhatikan Letak Peralatan Mandi

Usahakan meletakkan peralatan-peralatan mandi di posisi yang mudah dijangkau tangan. Idealnya diletakkan pada ketinggian 1 sampai 1,5 meter. Peralatan yang ditempatkan di posisi tinggi membuat sulit dilihat dan dijangkau oleh lansia.

2. Tambahkan Sower

Aktifitas mandi tidak luput dari siraman air. Jika lansia atau manula dipaksakan mengambil air dari bak, maka pergelangan tangannya cepat lelah. Sebaiknya tambahkan shower untuk membuat aktifitas mandinya terasa lebih mudah dan lebih nyaman untuk lansia.

3. Lapisi dengan Bantalan Karet

Kondisi kamar mandi yang selalu digenangi air mengakibatkan permukaannya mudah ditumbuhi lumut dan licin. Kondisi ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan seseorang jatuh terpeleset. Agar hal ini tidak menimpa keluarga Anda, solusinya tambahkan bantalan karpet bergerigi agar pijakan kaki lebih kuat.

4. Tambahkan Handrail

Handrail atau pegangan tangan kebanyakan terbuat dari bahan alumunium dan besi stainless agar tahan terhadap air. Pasang handrail ini di seluruh dinding kamar mandi agar orangtua Anda bisa berjalan dan berpegangan dengan nyaman. Handrail dipasang misalnya dari saat pintu masuk kamar mandi hingga menuju ke shower/bak mandi.

Baca juga :

Jasa Pembuatan Handrail Stainless Pegangan Toilet, dan Harga Terbaru

5. Pintu Berbobot Ringan

Tenaga yang dimiliki seorang lansia tergolong sudah lemah.  Gunakan pintu yang ringan seperti terbuat dari bahan plastik dan alumunium.

6. Pertimbangkan Kloset Duduk

Jika ingin orangtua Anda tetap nyaman, Anda bisa mengganti kloset jongkok dengan kloset duduk. Kloset duduk juga memungkinkan pemakainya bisa menyiram secara lebih mudah. Otot-otot yang sudah tidak elastis akan mempersulit para lansia dalam menggunakan kloset jongkok.

7. Lampu Bercahaya Terang

Pada orangtua tingkat penglihatannya semakin menurun.  Hindari menggunakan lampu bercahaya redup dan hanya berfungsi sebagai hiasan desain saja. Anda wajib memastikan semua sudut kamar mandi terang benderang dengan memilih ukuran lampu yang tepat.

8. Kurangi undakan pada lantai:

Undakan akan mempersulit dan menghambat pergerakan manula. Selain itu, undakan juga dapat menjadi batu sandungan para manula yang telah mengalami penurunan penglihatan dan penurunan motorik. Undakan ini salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan di kamar mandi. 

Baca juga :

Berbagai Macam Harga Handrail Stainless

(Sumber: referensi https://iloveproperty.id).

Mau bikin kanopi membrane, awning dengan kualitas terbaik harga kompetitif? Klik WA 0813 8176 8179 atau info detail  www.solusiruma.com