3 Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Merancang Furniture dengan Konsep Minimalis

Setiap pemilik rumah menyukai gaya desain rumahnya masing-masing. Jika kita menghilangkan salah satu aspek desain minimalis pada rumah, misalanya perabot rumah dengan konsep minimalis, apakah akan membuat rumah itu kehilangan identitasnya sebagai rumah minimalis? Dalam hal tersebut, konsep minimalisme sendiri adalah menekankan pada penyederhanaan bentuk, namun tidak akan mengurangi fungsi utama dari bangunan hunian sebagai tempat untuk manusia beraktifitas sehari-hari.

Furnitur

habitusliving.com

Meski desain furnitur memiliki konsep minimalis, namun harus tetap memaksimalkan estetika dan fungsinya. Dibandingkan dengan konsep rumah lain yang memiliki banyak perabot, penekanan minimalis disini justru lebih sulit. Desainer atau pemilik rumah yang akan merancang konsep minimalis harus pintar memilih dan mengekspresikan furnitur itu sehingga menjadi harmonis dan seimbang dengan elemen lain seperti dinding, plafond, atau lantainya.

Berikut ini terdapat 3 hal yang dapat dijadikan referensi  ketika akan memilih jenis furnitur minimalis

1. Bahan berkualitas tinggi

Pemilihan bahan yang memiliki kualitas tinggi dalam pembuatan karya maka hasil akhir dalam suatu karya juga akan semakin bagus. Bahan dengan kualitas tinggi tentunya akan mempengaruhi estetika desain, terutama untuk konsep minimalis. Bahan dengan kualitas yang baik belum tentu memiliki biaya yang tinggi. Jadi desainer atau pemilik rumah yang akan menerapkan konsep minimalis ini harus lebih banyak mencari referensi bahan yang murah namun dengan kualitas baik. Karena jika kualitasnya rendah, furnitur juga tidak akan bertahan lama, terutama jika materialnya terbuat dari kayu yang mudah dimakan rayap.

2. Sederhana, Murni, Desain Organik

Desain furnitur yang memiliki konsep minimalis kadang sering membuat penafsiran yang melenceng. Furnitur yang minimalis berbeda dengan furnitur yang belum dipasang karena terkendala biaya atau hal lainnya sehingga belum sempat untuk memmbeli dan memasangnya. Furnitur yang minimalis ini merupakan suatu penyederhanaan desain yang dilihat dari fungsi utama manusia dalam beraktifitas.

3. Gunakan Ruang untuk Menciptakan Suasana

habitusliving.com

Konsep minimalis yang dimasukkan kedalam setiap ruang kadang akan membuat ruangan tersebut menjadi kosong. Oleh karena itu, buatlah konsep ruang dengan tema yang sesuai antara furnitur, dinding, dan detail lain di dalam ruang tersebut. Sehingga meski furnitur yang diletakkan pada ruangan tersebut tidak penuh, namun dapat memberikan nuansa dan cerita yang berbeda di setiap ruangannya.

Dengan memahami 3 aspek furnitur yang minimalis ini, kami harapkan dapat dijadikan pemahaman dalam membuat desain minimalis yang sesuai dengan impian Anda.

March 31, 2019

0 responses on "3 Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Merancang Furniture dengan Konsep Minimalis"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perusahaan platform arsitek, kontraktor, desain interior, bengkel las, jasa pembuatan pintu besi, kanopi, pagar dan teralis, tiang bendera stenlis, kandang burung, kitchen set, dan keperluan rumah lainnya. Perusahaan ini pengembangan dari ArsitekPro yang kemudian diubah nama brand nya menjadi solusiruma.com

Alamat Kantor Pusat

Jl. Raya Ps. Minggu KM 18 Kav. 1B Ruko 1C
Kalibata, Jakarta Selatan 12740

Telepon : 021-791 884 10

WA Bella : 0813 8176 8179 (Jam 08.30-17.00 WIB)

WA : 087 88 6846 700 (Jam 19.00 – 21.00 WIB)

top