Cara Mudah & Alami, Membasmi Rayap yang Mengganggu di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Salah satu musuh kita di rumah adalah rayap. Serangga kecil ini bisa sangat berbahaya karena menggerogoti berbagai perabotan yang terbuat dari kayu, mulai dari meja, kursi, lemari, ranjang, bahkan pintu, kusen pintu, dan tiang penyangga rumah. Bila dibiarkan, serangan rayap bisa menjadi semakin tak terkendali dan membuat rumah rusak. Tak sedikit rumah yang hancur karena tiang-tiang penyangganya digerogoti oleh rayap.

Keberadaan rayap sebenarnya mudah dideteksi. Bila muncul serbuk kayu di dekat perabotan kayu Anda, maka kemungkinan besar rayap ada di sana karena serangga ini suka menyisakan serbuk-serbuk kayu. Bila Anda mengetuk-ngetuk rongga kayu dan mendapatinya keropos di dalam, bisa jadi rayap sedang bersarang di dalamnya.

Untuk itulah Anda perlu memahami bagaimana cara membasmi rayap yang mudah dan benar. Berikut adalah beberapa caranya.

Garam

Garam adalah bahan dapur yang mudah sekali ditemukan. Tak sedikit yang tahu bahwa garam ternyata bisa dipakai untuk membasmi rayap. Ambillah garam secukupnya lalu taburkan di sekitar sarang rayap, maka hewan-hewan kecil ini akan segera menyingkir.

Air tembakau

Tembakau juga berguna untuk menghalau rayap. Anda tak perlu susah-susah pergi ke pasar untuk membeli tembakau, cukup ambil satu batang rokok dan keluarkan tembakaunya. Kemudian rendam tembakau itu dalam air selama satu malam. Setelah itu, masukkan air rendaman tembakau ke dalam alat sprayer dan semprotkan ke dalam sarang rayap.

Membasmi rayap
Via: Rentokil

Air cucian beras

Air cucian beras memiliki banyak manfaat, seperti menyuburkan tanaman. Selain itu, air berwarna putih susu ini juga bisa dipakai untuk memberantas rayap. Caranya sama saja, cukup semprotkan atau siramkan air cucian beras ke tempat rayap untuk membuatnya pergi.

Air kapur sirih

Air kapur sirih tak diragukan lagi kemampuannya dalam pembasmian berbagai jenis serangga, tak terkecuali rayap. Rayap membenci kapur sirih karena bisa menimbulkan panas pada tubuh mereka. Siramkan atau semprotkan air kapur sirih sebanyak mungkin untuk menghabisi rayap yang mengganggu.

Minyak tanah

Minyak tanah banyak digunakan orang untuk mengusir kutu penyebab gatal di sofa atau kasur. Selain itu, minyak tanah juga bisa digunakan untuk membasmi rayap. Siram atau semprotkan minyak tanah ke sarang rayap dan rayap akan segera keluar berhamburan. Anda lalu bisa membunuhnya dengan menggunakan obat semprotan nyamuk.

Merawat barang-barang kayu kita dari serangan rayap sangatlah penting. Jangan sampai furnitur kesayangan Anda rusak begitu saja hanya karena dimakan rayap. Rajin-rajinlah menjemur kursi atau meja kayu Anda agar rayap tak betah tinggal di sana.

Hindari menaruh perabotan kayu di tempat lembab karena itu bisa mengundang rayap. Rajin membersihkan rumah juga bisa menjadi cara ampuh menghalau rayap, khususnya tempat-tempat kotor seperti gudang. Dan bila Anda ingin furnitur Anda aman dari serangan rayap, pilihlah furnitur yang berbahan kayu jati karena rayap tak bisa merusaknya.

Demikianlah informasi kami tentang pembasmian rayap di rumah. Semoga bermanfaat.

Bila rayap sudah membandel dan banyak jumlahnya, cara alami biasanya tidak lagi bisa secara cepat membasmi rayap. Anda perlu bantuan ahli anti rayap. Silahkan menghubungi kami solusiruma.com.

Baca juga :

Kenapa Pilih Solusiruma Pest Control Untuk Anti Rayap Rumah Anda?

Rayap membahayakan properti. Keberadaan rayap seringkali tidak terdeteksi. Rayap bekerja merusak bangunan tanpa terlihat. Ketika kondisi bangunan sudah rusak parah itulah baru ketahuan kalau ada rayap. Ayoooo, jaga rumah dan properti Anda dari bahaya rayap. Jangan tunggu rumah ambruk! Rayap tidak hanya membuat rusak rumah dan properti tapi juga membahayakan penghuninya. Data penting seperti buku, dokumen penting juga jangan sampai rusak gara-gara rayap.

Yuk, konsultasikan masalah rayap kepada kami, solusiruma.com  Klik saja WA 0813 8176 8179

Open chat
1
Salam,
Saya Abella,
Siap membantu Anda diskusi/order anti rayap...