Lima Cara Murah Usir Rayap dari Perabotan Kayu Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Kehadiran rayap di rumah memang meresahkan. Serangga kecil ini dengan perlahan bisa menggerogoti segala perabotan yang berbahan dasar kayu. Perabotan-perabotan tersebut akan menjadi keropos dan pada akhirnya rusak. Berbagai cara pun dilakukan untuk membasmi rayap, mulai menggunakan bahan kimia hingga bahan alami.

Di artikel kali ini kami akan bagikan beberapa cara membasmi rayap dengan mudah dan murah, baik dengan cara alami maupun kimia. Langsung simak yuk infonya.

Asam borat

Asam borat adalah salah satu bahan kimia yang dipercaya amat manjur dalam mengusir serangga, khususnya rayap yang mengganggu. Anda bisa mengoleskan asam borat menggunakan kuas atau menyemprotkannya dengan sprayer di tempat-tempat yang dihuni rayap. Pengecekan secara rutin harus dilakukan untuk memastikan rayap benar-benar musnah. Jika rayap belum sepenuhnya musnah, semprotkan terus asam borat hingga rayap sepenuhnya hilang.

Bawang putih

Bawang putih tak hanya berguna dalam menyedapkan masakan, tapi juga bermanfaat untuk membasmi serangga karena ini adalah pestisida alami. Cara paling ampuh adalah membuat larutan bawang putih dan menyemprotkannya dengan sprayer. Potong bawang putih kecil-kecil dan rendam dalam air selama sekitar enam jam. Setelah itu semprotkan larutan ini pada sarang rayap.

Cabai merah

Cabai
Via: GRID

Si pedas yang satu ini adalah bahan anti rayap yang mujarab, rayap dijamin akan kabur dari perabotan kayu Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih. Yang pertama Anda cukup menanam cabai di pot dan letakkan di tempat-tempat yang dekat dengan sarang rayap. Cara kedua adalah membuat semprotan dari air rendaman cabai.

Rendam cabai dalam air selama beberapa hari, lalu kocok dan saring untuk membuang ampasnya. Agar lebih ampuh, Anda bisa menambahkan sabun cuci piring secukupnya. Semprotkan larutan ini langsung ke lubang-lubang rayap di perabotan. Efek panas dan pedas dari cabai merah akan sangat menyiksa rayap sehingga mereka takkan berani lagi mendekat.

Buah bintaro

Buah bintaro banyak ditemukan di pinggir jalan dan ini merupakan anti rayap alami. Buah satu ini beracun bagi manusia dan sangat dibenci rayap. Buah bintaro mengandung zat certerin yang mematikan untuk rayap. Caranya sama dengan yang di atas, Anda harus membuat larutan semprot. Blender buah bintaro dalam air secukupnya lalu diamkan selama kurang lebih satu minggu. Sesudah itu buang ampasnya dengan cara menyaring dan semprotkan ke liang rayap. Dijamin rayap akan mati setelah beberapa saat.

Mint

Daun mint banyak ditemukan di daerah pegunungan dan kini juga sudah mulai banyak dibudidayakan di pot-pot sebagai tanaman hias. Mint adalah bahan utama pembuat makanan seperti permen dan pasta gigi. Tanamlah mint di rumah untuk mengusir berbagai macam serangga seperti rayap. Selain mengusir serangga, tanaman ini juga bisa memperindah rumah.

Selalu perhatikan berbagai hal yang bisa memicu perkembangan rayap, seperti membersihkan tempat-tempat kotor dan tidak membiarkan ruangan lembab. Banyak orang menyalakan pendingin udara dan membuat ventilasi udara yang baik untuk mencegah sekaligus membasmi rayap. Jika rumah selalu bersih dan tidak lembab, rayap pasti tidak akan berkembang dan merusak perabotan kayu Anda.

Rayap membahayakan properti. Keberadaan rayap seringkali tidak terdeteksi. Rayap bekerja merusak bangunan tanpa terlihat. Ketika kondisi bangunan sudah rusak parah itulah baru ketahuan kalau ada rayap. Ayoooo, jaga rumah dan properti Anda dari bahaya rayap. Jangan tunggu rumah ambruk! Rayap tidak hanya membuat rusak rumah dan properti tapi juga membahayakan penghuninya. Data penting seperti buku, dokumen penting juga jangan sampai rusak gara-gara rayap.

Yuk, konsultasikan masalah rayap kepada kami, solusiruma.com  Klik saja WA 0813 8176 8179

Open chat
1
Salam,
Saya Abella,
Siap membantu Anda diskusi/order anti rayap...